Monday, December 31, 2018

Dengan Kreatif Uang Pun Datang


DENGAN KREATIF UANG PUN DATANG

Bersatunya pikiran dengan imajinasi menumbuhkan ide kreatif. Dari orang yang memilki dua hal tersebut bisa lahir sebuah karya yang bernilai seni dan ekonomi. Mereka mengangkat manfaat dari hanya sekedar limbah/sampah atau barang bekas lainnya menjadi barang yang berazas fungsi. Maka dari itu ditangan orang-orang kreatif, sampah pun bisa jadi uang. Gambar di bawah ini mewakilinya.

dok. Rumah Bunga Rizal - Lembang
Potongan kayu (limbah) membuat Cattleya tumbuh nyaman dan kemudian berbunga lurik elok. Dengan menempatkannya di beranda depan/samping/belakang rumah dalam posisi tergantung, nilai artistik dan nilai ekonominya timbul.

dok. Rumah Bunga Rizal - Lembang
Tanaman sukulen ini menjuntai disangga wadah kayu (limbah) yang disusun silang sehingga bernilai seni. Tatkala digantung di taman rumah maka paduan kayu (limbah) dengan sukulen hijau ini membuat rumah tampil lembut. Kreatifitas membuat kayu (limbah) berkeekonomian.

dok. andirerei.com
Gelas plastik air minum kemasan ini tidak saja hanya bisa kita temukan berserakan di tempat sampah. Efisiensi ekonomi dalam berkebun terwujud saat seedling anggrek genus Phalaenopsis ini ditumbuhkembangkan di dalamnya.

dok. Rumah Bunga Rizal - Lembang
Begitu pun botol plastik kemasan minuman berasa ini, dengan diberi roda yang terbuat dari plastik yang juga bekas (limbah), tampak terlihat agak unik ketika jadi wadah tumbuh tanaman sukulen. Memang begitu, ditangan orang yang kreatif, sampah pun bisa jadi uang.

Apabila anda berkesempatan jalan-jalan ke Lembang - Bandung Barat, luangkanlah waktu untuk sejenak minum kopi di tengah suasana kebun (anggrek dan kaktus) yang nyaman di Rumah Bunga Rizal. Di sini anda akan melihat bahwa dengan kreatifitas, barang bekas (limbah) pun bisa kembali bernilai. 

Kunjungan anda akan disambut oleh Pak Rizal Djaafarer (sang mpunya kebun) dengan sangat ramah, dan tentu saja anda bisa berdiskusi dengan beliau mengenai hal-hal kreatif. Dengan berkunjung ke Rumah Bunga Rizal, anda akan mendapatkan banyak inspirasi dan terutama ide kreatif.        

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar