Thursday, March 26, 2020

Tolumnia Sp

TOLUMNIA Sp

Tolumnia adalah genus dalam keluarga Orchidaceae (anggrek-anggrekan). Tolumnia masih kerabat dekat (rumpun) genus Oncidium. Sebagian besar spesies dalam genus Tolumnia adalah epifit dan tumbuh di daerah kering. Tolumnia tersebar luas dari Meksiko utara, Karibia, dan beberapa bagian Florida Selatan sampai ke Amerika Selatan.

Type pertumbuhan Tolumnia tergolong ke dalam anggrek simpodial (memiliki lebih dari satu titik tumbuh). Tunas baru akan muncul dari sekitar batang utama. Bunga muncul dari sisi batang. Batangnya menyimpan air cadangan makanan atau umbi semu. Anggrek ini dapat diperbanyak dengan cara pemisahan batang (split), pemisahan keiki, dan juga melalui penyemaian biji.

Gambar: Rumah Bunga Rizal - Lembang
Species Tolumnia beberapa diantaranya yaitu: Tolumnia acunae,  Tolumnia arizajuliana, Tolumnia bahamensis, Tolumnia borinquensis, Tolumnia calochila, Tolumnia caymanensis, Tolumnia compressicaulis, Tolumnia guianensis, Tolumnia guibertiana, Tolumnia gundlachii, Tolumnia guttata, Tolumnia haitiensis.

Beberapa species memiliki pseudobulb hijau dengan sepal bunga kecil dan bibir bunga yang lebar, dengan sebagian besar berwarna kuning keemasan, coklat kemerahan, beberapa berwarna coklat atau coklat kekuningan. Species Tolumnia lainnya berwarna putih dan merah muda, bahkan beberapa berwarna merah pekat.

Gambar: Rumah Bunga Rizal - Lembang
Tolumnia sangat bervariasi dan mudah disilangkan (hibridisasi) dengan genus Odontoglossum. Bersama-sama dengan genus lain yang terkait erat yaitu Cochlioda, Miltonia, Cuitlauzina, Miltoniopsis, Osmoglossum, Leochilus, Comparettia, Cyrtochilum, Odontoglossum, Psychopsis, genus Tolumnia membentuk aliansi bernama Oncidium.

Beberapa jenis Tolumnia hybrid yang terkenal diantaranya jairak Fly Black Majic dengan bunga berwarna merah variasi coklat, jairak Black Dapler berwarna gradasi ungu putih lurik, jairak Red Butterfly berwarna dominan merah maroon, Golden Sunset berwarna putih bercak coklat.

Gambar; google image
Tolumnia dapat tumbuh dengan optimal di tempat dengan suhu 10°-30° celcius dengan kelembaban 50-70%. Letakan Tolumnia di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari (cahaya remang), misalnya di bawah pohon atau dibawah naungan paranet.

Penyiraman dilakukan pada waktu pagi hari untuk memastikan penguapan total dari daun pada malam hari, atau lakukan penyiraman jika Tolumnia terlihat kekeringan. Apabila Tolumnia ditempatkan pada media pakis lempengan, biasanya dilakukan penyiraman setiap hari. Apabila ditanam dalam pot tanah liat penyiraman bisa dilakukan tiga hari sekali hingga seminggu sekali tergantung pada kelembaban dan pergerakan udara di sekitar area tanaman.

Gambar: Rumah Bunga Rizal - Lembang
Lakukan pemupukan seminggu sekali atau seminggu dua kali menggunakan pupuk daun dengan cara disemprotkan secara merata ke seluruh bagian tanaman. Anda dapat menggunakan pupuk daun yang banyak djual di pasaran dengan berbagai merk dagang misalnya Grow More atau Bayfolan.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar